Kamis, 10 Desember 2009

Susahnya berkata," Maaf".

Lebih dari sepuluh tahun lalu, persisnya pada di tahun 1994 ketika saya lagi nge fans di salah satu radio lokal versi bahasa asing, ada sebuah lagu yang dari fans yang lain untuk di tujukan kefans lainnya. Judul lagu tersebut masih tetap teringat dengan jelas, HARD TO SAY I AM SORRY. Arti judul lagu tersebut," susahnya minta maaf." Saya pun ngak jelas kenapa lagu itu yang didedikasikan kepada temannya itu tapi satu hal yang saya ingat bahwa, pasti ada sesuatu yang ada dalam benaknya tentang kesalahan yang membutuhkan kata ,"Maaf".


Meminta maaf seringkali menjadi
hal yang sulit untuk dilakukan. Banyak dari kita sudah diajarkan dari kecil untuk sepotong kata maaf yang sederhana itu , begitu gampang untuk di ucapkan,tapi kenapa setelah dewasa begitu susah untuk dilakukan ? Adakah perubahan pranata atau perubahan aturan sehingga untuk mencapai kata maaf adalah sesuatu hal yang tabu dan susah ? Hal ini patut disayangkan karena mengatakan ‘maaf' memiliki kuasa yang besar untuk membawa perubahan.

Susahnya mengatakan ,"Maaf".

Seribu satu alasan mengapa Anda sulit untuk meminta maaf. Bahkan dalam keluarga pun susahnya untuk mengungkapkan kata maaf. Mungkin Anda menunggu pasangan Anda untuk meminta maaf terlebih dahulu sehingga Anda tidak mau meminta maaf sampai Anda tahu bahwa pasangan Anda telah mengerti bagaimana sakitnya perasaan Anda.

"Sering dalam hidup ini kita berada dalam jalan yang buntu untuk menyelesaikan sesuatu hal yang awalnya dimulai persoalan sepele. Saling menahan diri untuk mencapai kata maaf itu.

Terkadang hal itu disebabkan anda marah, kecewa, frustasi ataupun sedang berusaha menghukum teman atau pasangan anda. Tapi tentu penyebabnya adalah adanya perasaan terluka dan missunderstanding.

Jangan biarkan jalan buntu menghalangi anda untuk penyelesaian sesuatu persoalan ataupun masalah.
Memang, kadang kala dalam batin kita berkata , bukan saya yang salah dan saya dipihak yang benar trus anda dipihak yang dirugikan. Mungkin ada benarnya tapi, hal ini membuat kita bertambah susah untuk menyelesaikan sesuatu problem padahal sesungguhnya bukanlah hal yang berat dan susah untuk memulai mengatakan maaf.
Tidak ada kerugian yang berarti dipihak anda, bila anda mau memecahkan kebuntuan dan mengatakan maafkan aku dan kata yang sejenisnya sehingga amarah, kekecewaan , sakit hati bahkan dendam akan segera tereliminasi dalam benak anda. Mudah bukan? Hanya kesadaran akan resiko dan berani memulai maaf itulah kunci untuk berani berkata ,"Maaf".

By gone be by gone (yang berlalu biarlah berlalu), seharusnya kita juga mengaminkan perkataan itu, tidak akan ada faedahnya untuk melihat kebelakang jika itu hanya mebuat kita terhambat untuk maju.

Maaf Tanpa tapi..
Permintaan maaf adalah sebuah tanda yang menunjukkan bahwa seseorang sudah menjadi dewasa terutama untuk management emosi, tapi sayang masih banyak pendapat yang mengatakan bahwa minta maaf merupakan tanda kelemahan atau berada dipihak yang salah dan lemah. Pada hal sesungguhnya tidaklah demikian. Maaf tanpa ada embel-embel (tapi) adalah sesuatu hal yang sangat positif dalam hidup setiap indifidu karena dengan melepaskan kata maaf maka otomatis rasa lega, bebas dari tekanan dan adanya perasaan damai yang tidak ternilai dengan materi.

So....tidak ada alasan untuk tidak memaafkan bila anda ingin hidup damai , penuhilah hati anda dengan rasa damai, sukacita dan kebahagiaan.

0 komentar:

Posting Komentar