Senin, 14 Desember 2009

0,5 KG = 400 Gram?

Dari judulnya saja kelihatannya sudah aneh, dan mestinya anak sekolah dasar kelas empatpun tau bahwa judul tersebut tidaklah benar. Tapi inilah kenyataan atau realita yang terjadi saat transaksi jual-beli antara pedagang dan pembeli.

Saya akan menceritakan sedikit tentang perjalanan istri dan anak saya ketika pulang berbelanja untuk memenuhi kebutuhan dapur.
Sebenarnya hari itu,
 kebutuhan dasar sudah ada dan masih cukup untuk beberapa hari kedepan tapi karena pingin mengganti selera makan, istri saya mencoba membeli chicken fillet (sejenis daging ayam yang sudah tidak ada tulangnya) untuk dimasak .......

Dari sekian jenis transaksi belanjaan tersebutlah chicken fillet dalam daftar itu. Harganya memang agak berbeda kalau ayam segar biasa harganya Rp. 24.000 dan karena ini fillet (daging tanpa tulang),maka harga per kg adalah Rp. 34.000.

Berpikir karena kami hanya berempat dirumah maka dibelilah setengah kg chicken fillet itu dengan harga Rp. 17.000.artinya setengah kilo gram beratnya.

Ketika sudah sampai dirumah sambil melepas lelah karena seharian berada di luar rumah maka, rasa lapar sudah mulai terasa dan istri saya pun mencoba untuk mengolah berbagai bumbu untuk memasak ikan fillet dengan cara masak tepung lalu di goreng.

Persiapan bumbu sudah hampir beres dan tiba saat nya untuk persiapan pengolahan fillet. Barang belanjaan yang lain segera dipisahkan dan memasukannya kedalam kotak pendingin.

Rasa penasaran yang jumlahnya terlalu sedikit ( chicken fillet) ,maka istri saya mencoba mengambil alat timbangan untuk meyakinkan bahwa dia tidak salah beli dengan jumlah setengah kilo gram dan dibayar dengan harga Rp. 17.000. Sesungguhnya ketika saat membeli (waktu masih di pasar) sudah ada feeling bahwa ada sesuatu yang kurang pas karna jumlah yang setengah kilo gram terlalu sedikit dibandingkan dengan daging yang tersedia, oleh karena itu supaya tidak penasaran ditimbanglah belanjaan itu sebelum dimasak.

Owwwwwwww..............., ternyata apa yang diragukan memang kenyataan bahwa jumlah yang di bayarkan tidak sama dengan barang yang didapat alias kurang. Yang pastinya ukuran setengah kilogram dari penjual hanya 400 gram. Ini pasti ada yang salah pikirku, must be something wrong. Bukankah orang ini (maksud saya penjual) sudah sejak lama menjadi langgan..? bahkan ketika kami masih membuka restaurant satu tahun yang lalu..? kami sudah mulai mikir yang tidak-tidak dan mencurigai bahwa mungkin selama ini kami sering di tipu dan terlalu mempercayai dia sebagai langganan.

Istri saya mulai membatalkan niatnya untuk memasak daging ayam itu dan beralih dengan yang lain. Satu hal yang sudah pasti bahwa besok akan kami tanyakan dan mungkin akan kami kembalikan kepada penjual tersebut barang yang jelas-jelas tidak sesuai dengan ukurannya. Saya berpikir kalau mungkin hanya kurang sedikit ngak apa-apa lah tapi ini 100 gram kekuranganya. Bukan persoalan nilai uang yang kami debat tapi soal kejujuran dan loyalitas sebagai langganan yang sejak lamaa sudah sangat mempercayai dia. Bagai mana kalau belinya 10 kg berapa kerugian yang harus ditanggung oleh konsumen ? bagaimana kalau ini terjadi bagi setiap pembeli yang lain, berapa orang yang harus dia rugikan akibat tidak akuratnya timbangan yang dia pakai.?Berapa kerugian yang sudah kami alami bila hal itu sudah sering terjadi sejak satu tahun lalu yang jumlah transaksinya diatas lima belas kilo gram perhari? Kenapa baru sekarang ya...(baru sadar) atau terlalu mempercayainya? Yang jelas itu kesalahan besar dan tidak boleh terulang kembali.

Pasti orang ini tidak jujur, mau mengambil untung bukan hanya dari menaikkan harga tapi justru mengurangi jumlah alias mencari keuntungan yang tidak wajar dan sangat keterlaluan.

Mungkin besok akan kita lihat seperti apa reaksinya, sela istri saya. Apakah benar ukuran setengah kilo gram hanya 400 gram..? Tapi yang pasti kami tidak akan mencari keributan hanya memberi pelajaran bahwa kejujuran adalah nilai yang tidak dapat dipisahkan dari setiap indifidu termasuk pedagang.

Telitilah sebelum membeli bukan hanya mutu tapi jumlah yang harus kita terima dipastikan bahwa sama dengan jumlah yang kita bayar. Jangan terlalu mempercayai langganan meskipun itu sudah bertahun lamanya karena sifat manusia sulit untuk ditebak.

Pastikan bahwa 0,5 kg sama dengan 500 gram.

0 komentar:

Posting Komentar