Kamis, 03 Desember 2009

Jurus Bebek



Dua minggu lalu saya mendengar sebuah jurus baru yang sesungguhnya tidak pernah ada ataupun tidak pernah terdengar. Mungkin kalau jurus di olahraga bela diri banyak, seperti silat, karate dan judo atau kalau pernah nonton Film dari negri Tirai Bambu yaitu Drunken Master yang memiliki jurus mabuk. Kekuatan jurus pamungkasnya justru baru ampuh bila minum arak yang membuat dia mabuk dan satu persatu lawannya di kandaskan melalui jurus andalannya tersebut.

Hari itu saya kaget mendengar ketika kegiatan doa Puasa yang biasa di laksanakan setiap sabtu pagi jam 10.00 wib dan bapak Gembala menyampaikan bahwa ada jurus yang sangat ampuh.
Katanya Jurus Bebek.....ha..? emang ada jurus bekek pikirku.Awalnya saya berpikir bahwa itu hanya guyonan yang membuat kami semua tertawa atau mengekor seperti bebek buat barisan jika lagi berjalan.

Jurus ini mengajarkan beberapa hal yang sangat berpengaruh dalam kehidupan.OOOOo rupanya ini salah satu cara untuk menyampaikan Firman Tuhan yang membuat jemaat ngeh...atau mengerti, understand, wakatta (wakarimashita) or what ever....sekaligus antusias untuk menyimak makna yang tersimpan dibalik jurus itu.

Saya sendiripun belum mengerti kenapa namanya jurus Bebek, atau mungkin karena biasanya bapak Gembala sering mengirim MB (morning blessing) melalui BB (eja bebe) atau biasa disebut Black Berry cellur phone. kalau doa pagi beliau sering menanyakan siapa yang sudah mendapatkan MB melalui BB..? mungkin itu awalnya Bebek yang bermuara pada jurus Bebek. Asik juga nih saya pikir dapat pewahahyuan jurus baru nih....

Tapi lihatlah jurus-jurus itu berkarya....

1. Tenang

Bebek memang hidup di air dan suka berenang karena memang itu gaya hidupnya setiap hari,model apapun bebeknya pasti bergaul dengan air, kecuali boneka bebek. Dan ketika sedang berada dalam air untuk berenang maka dipermukaaan kelihatannya sangat tenang, seolah-olah tidak ada kegiatan yang dilakukan dibawah permukaan air, Pada hal....intip saja kakinya, bahwa ketika mengayuh untuk mendorong tubuhnya dia melakukan sesuatu usaha dan menggerakkan kakinya dan lihatlah penampilannya tetap tenang.

Demikian juga kehidupan kita saat ini, dalam siatuasi apapun kitapun harus berpenampilan tenang tanpa kasak-kusuk karena melalui ketengan kita mampu mengatasi semua persoalan tapi perlu usaha. (tenang saja brurrrr...).

2. Berusaha

Kehidupan Bebek didalam air tidaklah dapat bergerak sendiri tanpa ada usaha untuk mengayuh atau menggerakan tubuhnya untuk melaju. Memang kalau si Bebek sedang berada di arus yang deras barangkali tubuhnya tergerak sendiri oleh arus sungai dan itu bukan karena usaha tapi karena hanyut, tapi biasanya, meski tubuhnya dibawa oleh arus yang jelas ada usaha untuk mempertahan diri untuk tidak terus hanyut dan menggunakan usaha untuk mengarahkan kemana dia pergi.

Sepertinya kehidupan kita haruslah berusaha , tanpa usaha tidak akan ada hal yang terjadi begitu saja. Tidak ada sesuatu yang gratis di dunia ini tanpa ada usaha (there is nothing free around the world) demikian kata mantan Perdana Mentri Singapore bebera tahun yang lalu ketika dia memotifasi warganya untuk do it something for they life.

Memang bebek tidak kelihatan sperti apa usahanya untuk menggerakan tubuhnya tapi dibawah permukaan air, jelas apa yang di lakukan yaitu menggerakkan aggota tubunya untuk mengayuh dan bergerak.oooooobegitu ceritanya.. trus......???

3. Tidak Panik

Cerita Bebek selanjut adalah tidak panik. Emang manusia panik..?
Bebek dalam mengarungi telaga ataupun sungai bersikap tenang dan tidak panik. Sekuat tenaga apapun yang dikeluarkan oleh sang bebek untuk mendorong tubuhnya bergerak lebih cepat untuk berenang dan mencari makan maka tidaklah ada kepanikan. Pertambahan kecepatan bila dibutuhkan tidak membuat bebek panik tapi berlaku cuek....eh jangan-jangan justru itu ada istilah cuek bebek..mungkin juga pikirku.

Ohooooo.....Lihatlah prilaku bebek dalam situasi apapun tidak panik. Demikian juga dalam kehidupan kita sebagai manusia mari bersikap tenang untuk menghadapi segala sesuatu dalam hidup ini, kita tidak diajarkan untuk cuek seperti bebek tapi penampilan yang tenang dan penguasaan diri yang baik akan mendatangkan segala hikmat untuk bisa keluar dari setiap persoalan dan setiap tantangan. Pastikan bahwa ketika kita diciptakan, kita adalah ciptaan yang sempurna dan berhasil karena kita segambar dan serupa dengan pencipta kita.

So...... bebek aja bisa tenang, tidak panik. bukankah kita lebih dari bebek yang suka berenang itu.

May God Bless you friend..

Ganbatte kudasai...

0 komentar:

Posting Komentar