Selasa, 22 Desember 2009

Lulus Sekolah Dasar umur 81 Tahun ?

Tuntutlah ilmu sampai ke negri Cina demikian sepenggal kalimat yang pernah saya dengar tanpa tau persis apa arti yang sesungguhnya. Tapi kalau boleh saya mengira-kira, adalah menuntut ilmu meskipun jauh dari tempat kita berada.

Hari ini beda lagi yang saya baca, tuntutlah ilmu hingga ke liang lahat, nah...kalau yang ini saya jelas tau dan mengerti bahwa menuntut ilmu tidak ada batas usia.
Kalimat yang kedua ini meluncur dari Tarlan, kakek yang sudah sangat tidak muda lagi, umurnya 81 tahun dan sudah mempunyai 29 orang cucu.

Tarlan adalah salah seorang peserta ujian kejar paket A atau normalnya setara dengan sekolah dasar (SD). Tarlan sungguh tidak pernah terpengaruh dengan gunjang-ganjing dan perdebatan perhelatan ujian nasional, meskipun berita dari pengadilan bahwa pihak penggugat (yang tidak menginginkan ujian nasional dilaksanakan sebelum adanya pembenahan) memenangkan gugatan atas pemerintah cq bagian pendidikan.

Meskipun kadang-kadang Tarlan harus mengerutkan dahinya untuk membaca dan memahami soal-soal yang diberikan oleh pengawas kepadanya tapi dia tetap serius.
Patut diberi penghargaan. Diusianya yang melewati batas normal rata-rata manusia ternyata sunggguh sangat bersemangat untuk belajar.

Ternyata dari beberapa peserta lainnya hanya Tarlanlah yang paling senior (tua) bila dibandingkan dengan peserta lainnya yang jauh berumur lebih muda darinya.

Pria yang sudah tidak muda ini mengaku sudah sejak setahun lalu mengikuti program pendidikan paket A. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan ijazah setingkat sekolah dasar yang akan dipergunakan untuk persyaratan menjadi karyawan tetap disebuah Masjid terbesar di Jakarta.

Usaha yang dilakukan oleh seorang kakek tua ini yang hanya mengenyam pendidikan sekolah rakyat (sekolah zaman penjajahan) mendapat dukungan dari keluarganya.

Saya cuma berpikir, ini adalah contoh nyata yang patut ditiru untuk memotifasi generasi muda untuk tetap belajar dan berusaha selagi ada kesempatan. Bukankah kita jauh lebih muda dan punya kesempatan banyak untuk menuntut ilmu ? Pikirkan itu...jangan buang waktu percuma bro..

Ganbatte kudasai...

0 komentar:

Posting Komentar