Jumat, 11 Desember 2009

Apakah Stress itu?

Setiap yang hidup di dunia ini pasti pernah mengalami stress dan segala gejala-gejalanya.
Apakah sebenarnya stress itu? Segala situasi kehidupan yang secara kronis mengganggu, menyusahkan, atau mengecewakan anda. Stess juga merupakan segala jenis tindakan yang menempatkan tuntutan yang penuh konflik atau berat ke atas tubuh anda. Apa yang dilakukan tuntutan-tuntutan tersebut? Mereka hanyalah mengecewakan keseimbangan tubuh anda. Demikian secara gambalang menurut buku yang pernah saya baca terjemahan dari bahasa asing ke Indonesia.


Sesungguhnya Tuhan menciptakan kita ini sempurna dan dilengkapi dengan sistem pertahanan yang super canggih yang bertugas mebantu kita untuk menangani kejadian-kejadian dalam hidup yang mengancam dan menantang tersebut.

Disaat kita merasa tertekan, terancam, tubuh kita menggerakan sistem tersebut untuk melawan. Dalam kasus stress, kita diberi sejumlah adrenalin, yang mengganggu fungsi normal kita dan menciptakan suatu gangguan emosi mudah teransang.

Kita seperti gelang karet bila dilepas dari tarikan dan kembali seperti biasa atau normal. dan jika karet itu ditarik terlalu kuat dan lama maka karet itu akan melar dan sudah tidak kembali utuh seperti sedia kala. Elasitasnya hilang atu mungkin karetnya rapuh dan mudah putus. Dan harus dimengerti demikianlah yang akan terjadi dalam hidup kita bila hidup kita terlalu banyak stress.

stress mungkin berasal dari ke kwatiran, kejadian yang akan datang yang tidak bisa dihindari, kejenuhan, kesedihan dan lain sebagainya. Tidak selamanya stress itu terlalu merugikan, kita membutuhkan tekanan dan ransangan untuk melakukan sesuatu dalam hidup kita asal porsinya tidak terlalu besar.

Terlalu banyak stress membuat kita tidak mampu melakukan apa-apa, stress juga menghapus sukacita. Sress yang baik disebut "eustres", dari bahasa latin eu, yang berarti baik. Stress yang jumlahnya sedikit akan membantu kita untuk melakukan hal-hal positif. Stress yang baik merupakan bentuk kekebalan yang menarik kita, tetapi kemudian keseimbangan tubuh kita segea kembali normal. Apabila tubuh kita tidak kembali ke pemulihan dan istrahat normal, kita diserang stress yang buruk, atau disress.

LIhat daftar penyebab stress.

Stress dalam hidup kita dapat disebabkan ketika segala sesuatu yang terjadi antara lain :

* Menggangu anda
* Mengancam anda
* Mendebarkan hati anda
* Menakutkan anda
* Membuat anda kwatir
* Membuat anda frustasi
* Membuat anda marah
* Menantang anda
* Mempermalukan anda
* Mengancam citra atau harga dini anda.

Sering kali bukan kejadian tertentu yang menjadi penyebab stress. Trus apa dong yang menjadi pemicunya? Mungkin saja seperti konflik antara pribadi kita dengan dunia luar. Contoh..seorang pelajar membolos sekolah dan pergi ke pantai (penuh dengan hasrat pribadi tentunya), ia menciptakan masalah baru di sekolahnya dengan ketidak hadirannya. Atau mungkin seorang ibu yang terlibat di bidang sosial misalnya, sibuk dengan urusan gereja, dan mengabaikan tugas sebagai ibu rumah tangga, tentu saja menimbulkan masalah karena rumah tangga juga perlu perhatian dan tenaga dan itu menimbulkan tekanan dan stress tentunya.

Stress itu timbul dari pikiran kita sendiri, siapa pun dia, anak kecil, renaja ataupun orang dewasa.
so..jagalah pikiran anda karena dari pikiran anda timbul sukacita ataupun sebaliknya.

ganbatte kudasai..

0 komentar:

Posting Komentar