Selasa, 08 Desember 2009

Reaksi apa yang timbul kalau bersentuhan


Sensasi yang Timbul dari Bersentuhan

Ada banyak type manusia menurut pembagian sifat antara lain, Koleris kuat yang senang memimpin ditandai dengan penulisan sesuatu harus digaris bawahi, pilegmatis damai yang tidak banyak protes, sanguinis populer yang senang bergaul dan dominan memeluk bila salaman.

Pernakah kita membedakan antara pelukan dari seorang teman yang menandakan keakraban dengan pelukan seorang kekasih yang menandakan kasih sayang yang dibalut tanda cinta..?

Ada berita yang menggembirakan bahwa....Pelukan yang
bersumber dari seseorang yang sangat dicintai bisa ada pengaruh dengan tekanan darah tinggi.Jadi disaat pelukan berlangsung ada atmosfir yang membuat tekanan darah menurun, yang dimulai dari menjabat tangan dan menjadi start untuk menjalin hubungan.

Hal yang lain yang dirasakan adalah merasa dihargai dan penting keberadaannya bagi sang kekasih.

Trussssss apa artinya sentuhan yang dirakasan oleh kulit..? Setiap sentuhan pasti sangat berhubungan erat dengan perasa yaitu kulit, informasi tambahan bahwa kulit memiliki sekitar lima juta saraf sensorik. Sebagian besar sentuhan dirasakan melalui kulit akibat ransangan dari luar meskipun ada juga yang berasal dari internal seperti rasa nyeri dan tekanan dalam tubuh.

Menurut penelitian bahwa reaksi atau sensasi yang bisa timbul dan dirasakan oleh melalui sentuhan adalah :


1. Keakraban. Orang yang mendapatkan sentuhan dari seseorang seperti jabat tangan ataupun ciuman yang peduli dengan dirinya akan menimbulkan rasa hangat dan nyaman. Semua Sensor tekanan yang berasal dari sumber tersebut akan artikan sentuhan itu sebagai suatu hal yang menenangkan.

2. Penyembuhan atau terapi. Sentuhan jenis ini biasanya berhubungan dengan pemijatan. Kadang kala tekanan yang lembut yang diberikan bisa menghilangkan nyeri di bagaian tubuh tertentu sehingga tubuh merasa lebih santai.

3.Keingintahuan. Banyak hal yang bisa kita tau melalui indera peraba seperti mencari sesuatu atau benda seperti kunci dalam tas tangan kita yang tekture keras dan rasa dingin pada besi atau pada benda lain yang berbeda . Melalui sentuhan mampu mencari atau mengekpolasi sesuatu.

4. Agresif atau menyakitkan. Sering kali bila kita bersalaman maka kadang kala jabatanngan yang terlalu keras meinbulkan sakit karena mungkin terlalu keras tekananya sehingga kita tidak merasa nyaman.

Ketika sebuah sentuhan terjadi, sensor dikulit akan terangsang dan mengirimkan sinyal elektronik ke neuron yaitu sel-sel khusus yang mengirimkan kembali impuls elektrokimia. Neuron inilah yang akan bertindak memancarkan kembali denyut listrik tersebut dari neuron ke neuron hingga mencapai sumsum tulang belakang.

Organ sumsum tulang belakang inilah yang menyerap sinyal masuk dan mengirimnya ke otak. Setelah menerima sinyal dari saraf tulang belakang, maka otak mulai menerjemahkan sinyal tersebut.

Misalnya jika ada sesuatu yang dingin menyentuh kulit, maka reseptor dingin di otak akan diaktifkan dan memberikan respons menggigil.

Bila anda merasakan sentuhan salah satu dari empat poin tersebut trusss apa rekasi anda...ingat jangan salah berekasi bila ada sentuhan.

0 komentar:

Posting Komentar