Jumat, 22 Januari 2010

Sing-sing so 7 lagu terbaik dunia

Pernahkah dengar lagu dari daratan sumatera khususnya bagian Utara ? . Sungguh sangat menyenangkan iramanya dan cara pembawaan lagunya punya ciri khas tersendiri. Tidak heran bila banyak yang suka, meskipun tidak tau apa apa arti dari lagu-lagu tersebut.


Pembawaan lagu dengan pembagian nada yang selaras. Banyak orang yang mendengar sering mengangguk-anggukan kepala,mengikuti aluman musik seakan sangat mengerti dan tau arti lagu tersebut. Teman sekantor saya dari Sumatera Barat sangat berbakat untuk menyanyikan lagu-lagu batak tapi ketika ditanya tentang arti lagu yang dinyanyikan itu, hanya menggeleng kepala menandakan tidak . Pendalaman artinya tidak terlalu diutamakan, namun irama dan alunan musiknya yang perlu dihayati, demikian cetusnya.
Jangan heran response yang demikian, hal itu bukan hanya terjadi di tanah air Indonesia saja tapi beberapa lagu Batak sudah mendunia. Diera tahun 80 an sebuah lagu batak yang sangat tersohor yaitu Sing-sing so. Lagu ini pun sering dikumandangkan bila club Sepak Bola PSMS Medan bertarung dengan musuh –musuhnya di beberapa stadion Indonesia, terutama di Stadion senayan Jakarata. Lagu itu dinyanyikan bagaikan koor raksasa yang membahana dan membakar semangat pemainnya kala itu, meskipun sekarang kita jarang mendengarkannya karena prestasi sepak bola SUMUT yang sangat jauh menurun bahkan harus kembali ke divisi I. Sedihnya ,sekarang lagu itu terkesan lagu lapo tuak karena rata-rata yang duduk di lapo tuak pasti melantunkannya sambil menegak minuman keras.
Tapi apapun bentuk, irama bahkan seakan menjadi kan lagu lagu representasi lagu lapo tuak ,satu hal yang pernah dicatat dalam sejarah seni suara dunia bahwa lagu “ Sing-sing so” pernah mencatatkan diri sebagai 7 lagu daerah terbaik dunia (the big seven in the world). Prestasinya spektakuler, fantastis, luar biasa, karena tidak semua lagu daerah dibelahan dunia manapun mendapatkan pengakuan itu..

Dalam benak mungkin kita berkata, bukankah masih banyak potensi lagu-lagu daerah yang bisa digali lebih ?. Ada dari derah Indonesia bagian Timur, Jawa, sunda dan beberapa di daerah lainnya.
Dulu saya hanya mengenal salah satu yang termasuk 7 wonder world (7 tujuh keajaiban dunia) melalui Candi Borobudur ditanah Jawa tapi ternyata lagu daerah pun termasuk 7 terbaik didunia. Sugoi, excellent ,hebat, hebring dll.

Berkreasilah dan jangan pernah berhenti untuk melakukan prestasi dan inovasi.

0 komentar:

Posting Komentar