Selasa, 05 Januari 2010

Rahasia Supaya Berani Berbisnis

Keragu-raguan untuk memulai adalah hal yang paling biasa ditemui oleh siapa saja termasuk memulai untuk berbisnis. Ada banyak calon entrepreneur yang tidak berani meskipun segalanya sudah tersedia, modal misalnya, tempat bahkan market.
Beberapa tips untuk rekan-rekan yang masih ragu dan takut untuk memulai :

Rajin-rajinlah berkunjung ketempat (lokasi bisnis) area busissnis yang serupa ataupun bisnis ditempat lain yang mungkin mirip meskipun tidak sejenis yang hendak anda garap.


Andaikan kita memulai bisnis yang sudah dimulai oleh orang lain artinya banyak pesaing, sering-seringlah berkunjung, melihat,memperhatikan bahkan jangan ragu-ragu untuk bertanya misalnya; tanya sudah berapa lama mulai usaha ini, sewa tempatnya berapa dan bagaimana dengan omzetnya. Bertanya mengenai omzet saya punya pengalaman, pebisnis biasanya mereka tidak mau memberitahukan berapa omzetnya karena sangat convidential, maka pinter-pinterlah bergaul dengan petugas jaga, atau mungkin kalau perlu sambil ngobrol, dan kalau susah untuk mendapatkan informasi, sekali-sekali tungguin beberapa lama (khusus direk selling scala kecil) dan lihatlah penjualnya dan kalau scala besar maka anda membutuhkan advisor yang expert dan lihatlah gimana para pelanggan mereka mampir ketempat itu.

BERKENALANLAH DENGAN ORANG_ORANG YANG TELAH MEMPERLIHATKAN KEBERHASILAN


Tekad

Kalau kita melihat orang lain sukses maka ambil satu tekad dan renungkan kenapa dia bisa dan saya tidak, katakan dalam hati ya…. saya pasti bisa sukses. Kata postif yang berulang-ulang diucapkan dan diyakini akan menimbulkan satu kekuatun yang baru dalam berpikir dan kekuatan pikiran itu cepat atau lambat akan jadi kenyataan.
Seorang olah ragawan mampu menjadi juara jika mereka mengimpi-impikan dan menaruh dalam pikiran bahwa mereka pasti juara dan terpatri dalam pola pikir sehingga tekad untuk juara bisa diraih.

Pikirkanlah, dia bisa kenapa saya tidak ?


Ikut seminar.

Pilihlah seminar yang bisa membangkitkan motivasi, dewasa ini terlalu banyak seminar yang ditawarkan maka seleksilah seminar kira-kira mana yang cocok untuk bidang yang akan anda geluti. Kalau anda mau berbisnis pilihlah seminar yang mengangkat masalah motivasi dalam berbisnis, seperti Dr. Mario teguh, Wira. Krisna murthi dan banyak lagi.

Mengikuti seminar tidaklah rugi, kalau pun materinya mungkin kurang pas persis yang anda butuhkan tapi minimal, dapat pengetahuan yang baru dan dapat teman baru yang bisa diajak diskusi mengenai bisnis,biasanya orang yang mau ikut seminar adalah orang yang berjiwa mau maju atau haus akan motivasi. Biasanya pebisnis yang sudah maju mungkin jarang mengikutinya karena kesibukan atau bahkan merka sudah tidak tertarik lagi karena pernah melewati masa-masa yang sukar untuk memulai. .

Mengikuti seminar minimal kita mendapat pengetahuan yang baru yang mungkin tidak kita dapatkan dari membaca buku-buku.Bahkan mungkin dengan bertemu dengan para calon interpreneur yang juga sama-sama ingin maju maka kemungkinan besar kita akan mendapatkan ide-ide baru. Ada slogan yang mengatakan bahwa kalau kita bergaul dengan pencuri maka kita akan mungkin terpengaruh untuk mencuri dan kalau kita bergaul dengan pengusaha maka kitapun akan jadi pengusaha. Slogan diatas memang semacam ironi tapi tidak sedikit yang seperti kejadiaan diatas, sama hal dalam satu perusahaan kalau kawan-kawan yang sering mengosipkan orang lain atau si Bos maka kita pun pasti ikut-ikutan untuk melakukannya.




Rajin-rajinlah ketoko buku.

Ada banyak pilihan buku yang bisa membuat anda berani untuk memulai bahkan lebih detil mengenai seluk-beluk buka usaha, ada buku Pieter sarosa dengan bukunya mengawali dengan Dream big, start small dan act now, ada buku Andies Harefa srarting from zero dan Sukses tanpa gelar dan banyak lagi, Kalau mau kaya ngapain sekolah yang dikarang oleh Edy Zakeus.

Banyak hal yang patut kita contoh dari kehidupan para entrepreneur sebelum sukses ,seperti dalam buku Edy Zakeus Kalau mau kaya ngapain sekolah atau pun jangan mau jadi orang gajian seumur hidup karya Davinci. Intinya adalah ada kemauan untuk membaca dan mengolah informasi. Sebab banyak orang yang telah membaca maka bukan keberanian yang dia dapatkan malah takut untuk memulai usaha.


Membaca itu sangat perlu

Sadarlah kalau anda tidak berbuat maka orang lain segera melakukannya.

Sering kali dalam hidup ini kita mengeluh , aduh dan malas untuk memulai dengan berbagai macam reason yang mungkin masuk akal, tapi ketahuilah kalau anda tidak mau berbuat sekarang, maka anda akan menyesal melihat orang lain berbuat yang mungkin ide itu pernah anda merancangnya tapi malas tuk melakukanya. Jangan salahkan orang lain ketika mereka sudah memulai dan maju dan anda sendiri masih dalam tahap piker-pikir dulu. Ingat tidak ada orang lain yang mampu mengubah nasib anda sendiri kalau anda tidak mau berubah. sekarang lihtlah sekelilingmu mereka maju karena mereka mau memulai dan suksespun bukan hanya milik orang lain tapi milikmu jugakan ?

Jika anda tidak memulai maka orang lain akan melakukannya.


Takut memulai karena sudah banyak pebisnis yang sama di pasaran ?

Dalam hal membuka usaha atau berbisnis maka pintar pintarlah membaca situasi, mungkin ide yang ada dalam pikiranmu itu sudah terlalu banyak digarap orang lain. Mall misalnya atau di tempat-tempat belanja yang lain ? Sungguh banyak tempat yang masih belum tergarap. Pelabuhan misalnya yang mungkin dalam pikirarn kita orang hanya transit ataupun hanya lewat saja. Tapi pengalaman yang pernah saya lakukan bahwa setelah punya ide dan ternyata ide itu sudah terlalu banyak dipasaran maka saya mencari market yang lain. Saya membuka cabang dibeberapa pelabuhan udara,Pelabuhan Laut bahkan Pelabuhan International dan sugguh hasilnya sangat memuaskan
Lihatlah rumah makan padang yang sudah menjamur di mana-mana tapi semakin hari semakin banyak rumah makan padang yang baru bermuncalan dengan asumsi bahwa selama orang masih hidup pasti memerlukan makanan. Jadi, beranilah untuk memulai.

Beranilah untuk memulai

Berdoa

Hal yang paling sering dilakukan orang yang beribadah adalah berdoa memohon sesuatu kepada Tuhan. Kesehatan,rezeki dan banyak lagi yang lain. Tidak ada salahnya pun untuk bersaat teduh dengan Tuhan memohon petunjuk dan arahan. Kalau menurut ukuran manusia tidak mungkin berani untuk memulai berbisnis, maka mohonlah kekuatan dari Tuhan agar diberi keberanian untuk memulai sesuatu yang baru, dan dengan tentu saja hidupmu juga harus berkenan dihadapan Tuhan.

Doa mengubah segalanya



Mulailah dari yang kecil.
Janganlah ragu untuk memulia hal-hal yang kecil karena hal-hal yang kecil dan membuat kita berani untuk melakukan hal-hal yang lebih besar.

Dari kecillah lahir yang besar. Sunggguh tidak sedikit usaha yang dimulai dari hal-hal yang kecil. Seperti Kursus Primagama misalnya, yang awalnya hanya dimulai di rumah sendiri dengan peserta yang sangat minim dan lihat hasilnya sekarang cukup menggurita diseluruh Indonesia.

Saya pernah membaca buku Jangan mau jadi orang gajian seumur hidup karangan Davinci, menjabarkan skema gaji yang diterima setia bulan. Saya terkejut, setelah saya tau bahwa gaji yang saya terima selama ini setelah dibagi delapan jam sehari maka nilanya cukup kecil. Kalau saya mau berusaha dan mau melakukan dengan sungguh-sungguh bukan tidak mungkin jauh melebihi dari total yang dipaparkan dalam skema seperti dalam buku Davinci tersebut ?


Perhatikan seberapa besar yang anda terima gaji bulanan setelah dibagi dalam bilangan jam.

Jangan takut gagal.

Takut gagal adalah hal yang sering menghantui bahkan menghalangi orang untuk memulai, padahal dalam setiap kegagalan sungguh banyak hikmah yang setimpal yang dapat kita petik melaui kegagal itu. Kegagalan membuat orang mengerti akan kesalahan, kegagalan membuat kita diuji bahkan kita ditempa sehingga ketika kita telah ditempa maka segala persoalan kita mampu menghadangnya. Thomas A. Edison misalnya tak terhitung berapa kali dia gagal untuk menciptakan bohlam listrik bahkan orang menganggapnya hampir gila, tapi bekal ketekunananya Thomas menghasilkan listrik sampai sekarang dan dikengan orang. Bayangkan kalau Thomas saat itu takut gagal maka munkin hari ini kita tidak terangi listrik. Jadi jangan takut gagal, percayalah bahwa tidak ada orang yang sesat dijalan yang lurus (Abraham linkon).

0 komentar:

Posting Komentar