Selasa, 19 Januari 2010

Inilah masa menabur dan menuai

Amos 9:13

"Sesungguhnya, waktu akan datang,"demikianlah firman Tuhan,"bahwa pembajak akan tepat menyusul penuai dan pengirik buah anggur penabur benih; gunung-gunung akan meniriskan anggur baru dan segala bukit akan kebanjiran.

Tabur juga artinya memberi....menurut seorang tokoh dalam giving tokoh leadership Jhon c Max well menuliskan sebuah kata "Memberi adalah sebuah level yang tertinggi dalam hidup ini". (Giving is the highest level of lifing). Kenapa memberi...? Firman Tuhan berkata berilah maka kamu pun akan diberi. Bagaimana mungkin saya memberi,b itu kan susah..? Berapa banyak mindset kita yang hanya menerima, ngak bayar, gratis. Kalau saudara belum bisa memberi /menabur sampai saat ini maka rindukanlah sehingga kita boleh melihat kebenaran Firman Tuhan dipraktekkan. Ada dua hal yang perlu dieprhatikan dalam konteks untuk memberi :

· Mind set harus dirubah yaitu memberi/menabur.

· Begrateful what ever you have/ Bersukurlah apa yang anda miliki.

MASA UNTUK MENABUR DAN MENUAI adalah masalah waktu,time.seecien dan inilah waktunya di tahun Ayin.....(tahun Ayin adalah tahun penanggalan di Israel) yang dimulai pada bulan september setiap tahunnya.
Mengapa hal ini terjadi di tahun Ayin..?
1. Ditahun Ayin ini Tangan TUHAN memperjuangkan umatnya.

- Memperjuangkan artinya melakukan sesuatu usaha sampai terjadi satu tujuan.
- Memperjuangkan artinya kita harus melakukan sesuatu, kita berusaha, bergerak, maka Tuhanlah yang akan bergerak bersama kita. Jangan pernah kita berharap bahwa biar Tuhan saja ,saya tinggal menunggu. Kita siapkan wadah, tempat, dan Tuhan lah yang membantu kita tuk menyelesaikannya.sebuah buku tp blum selesai.. memulai rahasia sukses adalah memulai/menunda bisnis = menunda sukses dan rahasia menuai adalah menabur

- Jika sebelumnya kita berusaha dan bertindak sendiri dan seolah-olah merasa sesuatu yg berat dan sukar menghadang, maka di tahun Ayin ini kita mengalami pertolongan Tuhan untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah kita.

Kisah cerita seorang temang ditahun 2009 ketika dia diperhadapkan dengan masalah financial, masalah kesehatan dan terlebih lagi ketika itu istrinya mengalami musibah yaitu menabrak mobil orang dan kesalahan dipihaknya maka dia diwajibkan untuk membayar semuanya itu. Sesungguhnya secara manusia, dia hampir menyerah tapi tetap bertahan dan lihatlah pertolongan Tuhan...mereka boleh melewati semua itu dengan rasa bersyukur bahkan semuanya boleh dilewati dengan sempurna. Dan dibalik semua ketaatanya mereka diberkati secara luar biasa.  Ada ujian, banyak tantangan, ada hambatan dan itu bermuara pada satu pertanyanyaan..apakah mereka setia..???Ya.....dan mereka setia sampai akhir ,itu yang dikehendaki Tuhan dalam hidup setiap kita, diwadah kita yang sudah tersedia seperti COOL (Commnity Of Love) apakah kita juga setia ?
Mungkin kita pernah berkata saya sudah melakukan segalanya,memberi tapi  kog saya merasa sia-sia dan gagal ,kecewa dan lain-lain, tapi percayalah bahwa kita bukan orang yang gagal. Galal itu adalah orang yang tidak mau mencoba lagi.Gagal adalah suatu proses..demikian kata gembala kita.

Lihat thomas A Edison..berapa kali dia gagal untuk menciptakan bohlam listrik..?Kolonel Sander resep KFC...di umur 60 thn baru diterima resepnya.

Tuhan terlibat dalam memperjuangkan apa yang kita usahakan,atau apa yang kita tabur dan tanganNYA membuat kita juga agar segera menuai dari apa yg sedang kita tabur dengan percepatan yang tinggi bahkan sampai gunung-gunung memberikan angggur baru sampai kebanjiran dan melimpah.
Kata memperjuangkan menurut saya bahwa sesuatu tindakan yang dilakukan bersama-sama. Artinya ketika kita menabur, melakukan tugas kita sebagai penabur dan untuk memperoleh hasil bahkan mempercepat hasil untuk dituai adalah bagian Tuhan.

Mari kita melaksakan bagian kita dan Tuhan mau berjuang untuk kita. Kalau kita tidak melakukan menabur atau tidak melakukan sesuatu jangan berharap Tuhan mau berjuang karena kita tidak melakukan apa-apa. Bagi pebisnis siapkan wadah, perkerja bekerjalah dengan baik(kol 3:23).. Bagaimana Tuhan mau memperjuangan kita jika kita tidak punya wadah, jika kita tidak bersungguh sungguh..? Lihat 2 tawarikh 16:9 ada satu catatan kecil tapi sungguh sangat berarti yaitu kata "BERSUNGGUH HATI".
2. Ditahun Ayin ini Tangan Tuhan sedang membebaskan. He set you free
Setiap kehidupan manusia yang hidup pasti ada kesulitan, bahkan kesulitan itu sering menghambat kita untuk meraih apa yang telah Tuhan janjikan buat kita. Setiap kita pasti ada persoalan dan bersukurlah karena Tuhan masih mempercayakan kita untuk punya persolan, bayangkan kalau orang tidak ada persolan...tidak ada masalah...siapakah itu..? Hanya orang yang tidak waras saja yang tidak punya persoalan karena dia meman tidak tau apa-apa.

Oleh karenanya ditahun Ayin ini Tangan Tuhan yang akan berperkara dan membebaskan kesulitan-kesulitan dalam hidup kita. Mungkin kesulitan dalam hal ekonomi, masalah dalam keluarga, anak-anak dalam pergaulannya ? Tapi yakin dan percayalah bahwa tangan Tuhan yang menuntun serta membebaskan kita dari semua persoalan itu, bila kita percaya kepada-NYA.
Suatu pesan Firman dari Amos yg membangkitkan roh dan jiwa kita untuk mengalami kegenapan janji Tuhan bahwa yang kita tabur bagi kerajaan Allah maka dengan segera kita akan menuainya karena Tangan Tuhan yang mempercepat penuaian itu. Banyak menabur bagi kerajaanNYA karena tangan Tuhan yg membuat kita menuai tidak dapat dihalangi dan digoncangkan oleh apapun juga dalam hidup kita.Banyak yang menyebar harta tapi tetap berkelebihan ada yg menghemat secara luar biasa tp selalu berkekeurangan...maka menaburlah.

ganbatte kudasai..

0 komentar:

Posting Komentar