Selasa, 19 Januari 2010

Saran pemberian nama bayi anda

Apa jadinya jika setiap bayi yang lahir tidak punya nama atau belum diberi nama. Mungkin kalau masih kecil kita biasanya panggil si kecil dengan sebutan; sayang, yayang, anak mama dan lain sebagainya. Di daerah tertentu Butet atau Ucok juga merupakan nama panggilan sementara sebelum ada nama yang resmi. Tidak jarang nama bawaan dari bayipun melekat hingga dewasa. Ucok misalnya, nama ucok biasanya diberi pada anak laki-laki yang masih kecil yang berasal dari daratan sumatera Utara, tapi tidak sedikit yang melekat pada diri seseorang hingga akhir hayatnya.



Ada banyak orang yang tidak senang dengan namanya ketika dia sudah dewasa karena beberapa hal , antara lain karena nama itu nama panggilan waktu masih bayi. Upik atau buyung dan butet. Tidak heran , banyak juga yang mengganti namanya setelah dewasa dikarenakan kurang sesuai atau disebut tidak kren karena berasal dari bahasa daerah yang cara penyebutannya agak mendapat kesulitan bagi orang yang lain bila memanggil namanya. Sebuah kesaksian, nama Lee Kwok Liong. Nama itu sudah melekat sejak dari kecil pemberian orangtuanya. Tapi ketika sudah dewasa dia mengganti namanya menjadi Andy Lukman karena nama sebelumnya dianggap kurang hokki.. Bukankah mengganti nama yang diberikan oleh orang tua sesuatu hal yang berbau penyangkalan dan penolakan atas penggantian tersebut ? Meskipun dengan segudang alasan yang masuk akal dan argumentasi lainnya.

Penggantian nama tersebut membutuhkan perjuangan dan biaya yang tidak sedikit karena perubahan nama tersebut harus melalui pengadilan serta perubahan pada surat-surat lainnya.

Memang, memberi nama sibuah hati bukanlah hal yang sederhana. Nama yang anda berikan seumur hidup melekat padanya.

Namailah buah hati anda sesuaidengan harapan, doa dan nilai-nilai yang anda dambakan menjadi bagian dari kepribadiannya-dengan nama-nama yang bermakna luhur dan indah. Sehingga kelak sang anak senang dan sangat bangga dengan nama yang melekat padanya.
Beberapa hal yang perlu dingat yang menjadi perhatian sebelum pemberian nama bayi anda :

1. Berilah nama bayi dengan hasil diskusi dengan orang-orang kesayangan anda.

2. Apabila tidak mencapai persetujuan bersama untuk sebuah nama, cobalah mengakomodasi melalui penggabungan dari berbagai usulan.

3. Janganlah sekali-sekali memberi nama bayi anda dengan nama mantan kekasih anda karena hal itu bukanlah hal yang bijaksana.

4. Jangan memberi nama tambahan bila tidak sesuai dengan etnis tertentu. Pemakaian marga misalnya yang tidak dikenal dengan etnis tertentu.

Betapa berartinya sebuah nama bagi seseorang yang memilikinya. Karena nama itu yang akan melekat sebagai meterai untuk kehidupannya. So......berilah nama bayi anda sebuah nama yang baik, bermakna dan enak untuk di dengar.

0 komentar:

Posting Komentar