Jumat, 20 November 2009

Apa itu 3 P ?


Pagi ini ketika kedua anak kami sudah berangkat sekolah maka istri saya mengajak olah raga pagi (jalan pagi). Sebenarnya saya tidak begitu suka dengan jalan pagi dan saya lebih memilih main badminton yang lapangannya dekat rumah . Tapi karena pagi ini memang angin bertiup kencang maka permainan badminton tidaklah layak dan kami memutuskan untuk berjalan pagi.

Jalan pagi ini adalah favorit istri saya bahkan dia menghabisi waktu pagi itu sampai jam 8 hanya untuk sekedar keliling komplek , memang dia sangat disiplin untuk kegiatan olah raga.

Ketika kami sudah memulai perjalanan kurang lebih 15 menit, saya memutuskan untuk pulang kerumah untuk mempersiapkan diri pergi ke kantor. Kantor tempat saya mengabdi tidak lah jauh "walking distance only",artinya dalam waktu yang tidak terlalu lama masih sempat untuk berbenah, sedangkan istri saya memilih untuk melanjutkannya sampai jam 8.


Ketika saya sudah hampir sampai di depan rumah saya bertemu dengan tetangga yang masih satu complex yaitu warga negara asing dan menyapa dengan ramah...kira-kira begini pembicaraan singkat kami.

Good morning sir
Good morning to you too (jawab saya)
How are you this morning (apa kabarmu pagi ini tanya saya sama dia)
Verry good (baik sekali jawabnya).
Kemudian Ia meneruskan untuk mengatakan sesuatu kepada saya dan berkata seperti ini:

I will tell you something about your wife (saya akan sampaikan sesuatu tentang istrimu) and I said what..? saya tanya apa..? dengan sedikit nada eiger to know.

I will tell you someting about 3 P in your wife.(Saya akan mengatakan 3 P yang ada dengan istrimu). Jujur saya tidak mengerti yang dia maksudkan itu tentang 3 P apalagi mengenai istri saya, tapi karena pingin tau apa sih maunya orang asing ini, akhirnya saya dengan sikap mau mendengar dan saya menunjukan sikap mendengar dan dia melanjutkan.

First P is Peace . In your wife i saw peace . Peace is cant hiden by anything. Dia mengatakan bahwa P yang pertama adalah Damai. Dan damai itu saya bisa melihat melalui istri bapak. dan tidak bisa tersembunyi.Saya mulai mengangguk karena saya pikir memang ia karena hari-hari ini memang kami selalu ada damai terlebih istri saya yang siang malam tak peduli jam berapa membolak balik buku kesayangannya yaitu Bible,memuji, memyembah bahkan sampai menghafal beberapa ayat Firman Tuhan. Bukan hal yang susah baginya untuk memperkatakan Firman Tuhan setiap saat lebih lagi Mazmur pasal 91 dia bisa mendeklarasikan seluruh pasal itu tanpa membacanya.Thanks God itu yang ada dalam hati saya.

Kemudian si asing itu melanjutkan. Second P is Pleasent. Your wife also pleasent and honestly. Dia mengatakan bahwa istri saya menyenangkan, karena setiap bertemu dengan pasangan suami istri ini mereka sangat senang bertutur meskipun itu hanya sebentar.Si asing ini memang tinggal di lingkungan satu komplek dan dia sudah memilih untuk tinggal di Indonesia karena istrinya orang Indonesia.Dia alam mantan dosen di salah satu universitas Australia saya cuma berpikir dalam hati bahwa pribadi yang menyenangkan itu adalah orang yang tidak meng ada-ada dan bertutur kata sopan serta tulus apa adanya.

3rd P is Pretty. Your wife is pretty. P yang ketiga menurut dia istri saya cantik. ooooooo ... rupanya si asing ini memperhatikan juga tentang kecantikan . And I will pass to your wife something leaf to proof that in that leaf has 3 P.

Dia mengatakan ntar kalau istri saya lewat/berpapasan dengan dia akan menitip daun yang menggambarkan ketiga P itu dan daun itu bukan untuk dimakan. Hanya untuk menggabarkan saja.

Karena saya harus mempersiapkan diri tuk kekantor saya menyudahi pembicaraan itu dengan berkata thank you and have a nice day and he repled take good care.

Seketika saya pulang dan bergegas kerumah serta mempersiapkan diri untuk siap kekantor. Sambil bersiap-siap, istri saya pulang dari jalan pagi dan membawa 2 pucuk muda Daun katuk dan dia meletakkan diatas meja. saya bertanya dari mana itu ..katanya dari tetangga kita dan dia berpesan untuk tidak di makan dan saya sudah jelaskan kepada suami ibu tentang 3 P itu pesannya .Saya cuma tersenyum ,apa mungkin daun yang hanya 10 cm itu bisa di makan...guman saya dalam hati.

Dengan waktu yang sangat singkat saya mulai menjelaskan pembicaraan singkat kami dan mengatakan bahwa didaun katuk ini menurut tetangga itu melambangkan 3 P. yaitu Peace. pleasent and pretty.dan hal itu ada dalam dirimu itu menurut si asing itu. istri saya cuma senyum dan katanya saya masih belum mengerti dimana 3 P dalam daun katuk itu.

Dengan kebingungan mencari cari makna yang terkandung dalam daun Katuk itu khususnya 3 P yang dipesankan oleh si asing itu (sambil memegang daun katuk itu) akhir kami sepakat dan mengambil kesimpulan bahwa apapun itu yang dikatakan baik,terpuji dan hal-hal lain kiranya itu menjadi hormat kemulian bagi nama Tuhan, meskipun saya sampai kekantor masih bertanya tanya dalam hati dari sudut mana daun katuk itu mengandung 3 P.

Kami hanya bersyukur karena orang lain bisa melihat yang terbaik dalam diri kita, bukan kah kita ini adalah surat-surat kristus yang bisa dibaca oleh sipapun..??? maka berbuat baiklah dengan tidak jemu-jemu dan dengan tulus seperti yang tertulis dalam Kolose pasal 3 : 23 Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.

Rasa penasaran akan makna yang terkandung melalui daun katuk itu membuat saya pingin tau lebih dan saya berpikir bila ketemu lagi akan saya tanyakan ke 3 P itu melalui daun Katuk.....so I just be patient to wait to share ofcourse.

3 P is Peace,pleasent and pretty.

Ganbatte kudasai.....

0 komentar:

Posting Komentar