Selasa, 02 Februari 2010

Apa yang membuat Batam Istimewa.

Batam adalah sebuah kota yang sangat terkenal di wilayah nusantara bahkan di manca negara, nama Batam cukup harum. Kota ini terkenal dengan daerah Industri dan juga sejumlah galangan kapal yang super sibuk menyamai kesibukan Industri Elektronik yang tetap beroperasi 24 jam. Tidak heran banyak yang berduyun-duyun ke kota ini untuk mengadu nasib dan tidak sedikit yang sudah sukses. Tapi banyak juga yang galal karena kemungkinan kalah bersaing.


Lihatlah beberapa slogan tentang BATAM. (Bila Anda Tiba Anda Menyesal).Tapi sesungguhnya orang yang sudah berhasil tetap memegang prinsip BATAM yang lebih kearah positif. BATAM (Bila Anda Tabah Anda Menang). Nah..tinggal pilih aja tuh mau menyesal atau mau memilih untuk bertahan dan memenangkan sebuah kompetisi .



Mengapa Batam sangat diidolakan oleh banyak orang ?
Mungkin kah karena jarak ke luar negeri seperti Singapore yang boleh di tempuh dalam waktu 35 menit dengan Ferry ? atau karena bangunan yang menjulang tinggi yang bisa dilihat keindahanya pada waktu siang dan terlebih pada waktu malam. Tak heran beberapa nama wilayah tertentu yang melekat aneh ,bukit senyum misalnya. Tempat ini adalah satu bukit yang cukup indah untuk dijadikan tempat untuk memandangi panorama cahaya lampu dari negara tetangga.Lokasinya tidak jauh dari pusat kota. Tanpa memerlukan teropong, kitapun bisa melihat dengan kasat mata keindahan gedungnya. Bahkan dibeberapa tempat tertentu kita bisa melihat mobil yang lalu lalang di kota yang terkenal dengan kebersihan dan disiplin yang tinggi itu.

Ada banyak alasan orang tertarik untuk datang ke Batam. Barang-barang electronik yang harganya miring dan beberapa pakaian dan tas yang branded tentunya.


Belum lagi nama kotanya berbau Jepang. Orang jepang sendiri pun heran kenapa nama suatu kota di Jepang ada di Batam. Nama pusat kota Batam disebut Nagoya. Bila kita berbicara Nagoya sepertinya kita sedang berada di negara Sakura Jepang. Tidak ada yang tau persis kenapa Pusat Kota Batam di sebut Nagoya.

Pernah suatu ketika, televisi swasta Jepang dengan nama Televisi Nagoya (NAGOYA TEREBI) mencari tau kenapa kota Batam disebut Nagoya. Kami (saya sendiri waktu itu berfungsi sebagai guide) menghabiskan waktu 3 hari untuk bertanya asal mula nama kota Batam yaitu Nagoya. Dengan menyusuri kampung-kampung untuk mendapatkan asal mula kota Nagoya Batam. Eh..rupanya negara Jepang pun penasaran. Tiga hari lamanya kami menghabiskan waktu ,termasuk melibatkan kantor pemerintah sebagai nara sumber. Ada yang berpendapat bahwa dulu, kota ini banyak tentara Jepang yang meninggal ketika dijadikan basis tentara waktu perang dunia ke dua , juga ada pendapat lain bahwa dulu Batam ini akan dijadikan pusat eletronik seperti Nagoya jepang. Bahkan ada juga yang bertutur karena yang membangun kota ini adalah orang-orang Jepang.
Tapi apa pun itu, dari hasil penelusuran kami selama tiga hari, belum ada kata sepakat yang bisa dijadikan patokan kenapa pusat kota Batam disebut Nagoya.

So....apapun itu, masyarakat Batam tidak pernah mempersoalkan asal mula nama itu yang penting gampang dan enak di dengar.

0 komentar:

Posting Komentar