Kamis, 11 Februari 2010

Mega Proyek Dunia

Ada banyak Mega proyek di seantero dunia. Yang baru kita dengar adalah salah satu menara yang tertinggi didunia yang ada di Dubai, mengalahkan tingginya Petronas Malaysia dan beberapa gedung lainnya.

Tapi pernahkah terpikir bahwa mega proyek yang membuat dunia kagum, 10 diantaranya ada di Indonesia.

1. Surabaya Sport Center.

Surabaya akan memiliki kompleks olah raga super megah dengan fasilitas super lengkap, disebut SSC (Surabaya Sport Center). Proyek ini menelan dana Rp. 440,2 milliar yang berlokasi di kawasan Benowo, Surabaya Barat. Kompleks itu terdiri dari stadion utama berkapasitas 50 ribu penonton, stadion Indoor berkapasitas 10 ribu penonton dan rencananya akan memiliki stadion atletik dan sirkuit.
Kita cuma berharap bahwa megahnya dan luasnya stadion tempat penonton tidak dipenuhi oleh para Bondo Nekad (Bonek) yang lebih menjurus merugikan dari pada memberi dampak positif.

2. Jembatan Selat Sunda.
Panjang Jembatan Selat Sunda 29 kilometer yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Jika ini dibangun akan menjadi jembatan yang terpanjang didunia dengan bentang tengah samapai 2.200 meter. Investasi yang dibutuhkan untuk pembangunan JSS sekitar 100 triliun. Waktu yang dibutuhkan adalah 10 tahun untuk menyelesaikan proyek tersebut. Jembatan ini direncanakan dengan lebar 60 meter dengan ketinggian 70 meter dari permukaan laut serta dibuat 6 jalur untuk kendaraan lalu lalang.

3. Reaktor Nuklir Muria.
PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Muria Jawa Tengah, akan diperkirakan menelan biaya sebesar 30 triliun. Jika dibangun mulai awal 2012, proyek pembangkit berkapasitas 1.000 MW ditargetkan akan kelar tahun 2016. Apabila sudah dibangun maka pasokan listrik dapat mengatasi wilayah Jawa dan sekitarnya. PLTN Muria rencananya memiliki enam reaktor nuklir masing-masing berdaya 600 MW atau totalnya 3.600 MW. Jika punya PLTN , Indonesia akan masuk dalam jajaran negara didunia yang memanfaatkan nuklir tujuan damai.

4. Coastarina Batam.
Coastarina terletak di Propinsi Kepri yang berlokasi di Batam Center. Komplek perumahan mewah yang berdiri diatas luas 150 hekta area ini, diresmikan oleh Presiden SBY 19 Januari 2009 yang lalu. Site plannya dirancang bak lagoon raksasa menyerupai peta dunia dengan miniatur benua Asia, Afrika, America dan Antartika. Ini menjadi miniatur peta dunia terbesar .Diatas luas daerah itu dibangun 1000 unit rumah mewah dengan harga yang paling murah sebesar 1 milliar rupiah. Lahan ini juga dipenuhi oleh Taman rekreasi, giant wheel, kafe dan restoran serta water park. Investasi yang di keluarkan sebesar 105 juta US dollar atau setara dengan Rp. 1 triliun.

5. Center Point of Indonesia
Makasar akan memiliki kawasan super megah sebagai pusat bisinis, wisata dan pendidikan. Center poin of Indonesia (CPI) dibangun diatas lahan 600 hektaare dilengkapi dengan gedung menjulang tinggi sebagai pusas bisinis dan pemerintahan. Dikawasan ini dibangun istana kepresidenan yang selama ini hanya berada di daerah Jawa. Istana ini direncanakan berada diatas laut dan akan dibangun mesjid termegah di Asia sekelas Taj Mahal di India. Juga ada The Makassar Notradamus yaitu taman 1.000 patung pahlawan.

6. Sundial Pontianak
Sundial atau Jam Matarahari di Pontianak akan menajadi yang tertinggi didunia. Dibangun dilokasi sekitar Tugu Khatulistiwa dan diperkirakan menghabiskan biaya Rp. 76,6 miliar. Proyek ini dibangun dilahan seluas 44,1 meter czn memiliki tinggi 71 meter.

7. Biak Space Port
Lembaga penerbangan dan Antariska National (Lapan) akan mendirikan “space port” atau lokasi peluncuran roket pendorong satelit di Pulau Biak, Papua. Pulai ini dipilih karena berhadapan langsung dengan samudra luas sehingga proses peluncuran roket tidak menggangu negara lain.

8. Terusan Sulawesi
Enam gubernur Sulawesi menggagas pembangunan Terusan Khatulistiwa yang memotong leher Pulau Sulawesi. Kelak Pulau tersebut akan terbagi dua, karena dipisahkan laut di terusan yang akan diberi nama Terusan Khatulistiwa ini. Jika ini terealisasi akna menjadi terusan ketiga setelah sebelumnya ada Terusan Suez di Mesir dan Terusan Panama di Amerika Tengah. Terusan ini bisa menjadi jalur International yang akan menguntungkan wilyah Indonesia.

9. Perpustakaan Termoderen, Terbesar dan Terindah.
Indonesia bakal punya perpustakaan moderen, terbesar dan terindah di dunia. Lokasinya di Universitas Indonesia (UI) Depok. Lahan yang dipersiapkan 2,5 hektaare dan berada di tepi danau Kenanga. Gedung ini memiliki luas bangunan 30.000 m2 terdiri dari 8 laintai bangunan. Bangunan ini senilai 100miliar dan dirancang tahan gempa dan ramah lingkungan.

10. Menara Jakarta
Proyek Menara Jakarta yang tehenti akibat badai krisi moneter akan dilanjutkan tahun 2010 ini. Proyek bernilai Rp. 5 triliun ini ditarget selesai di tahun 2012. Menara Jakarta setinggi 558 meter dan menara ini akan mengalahkan Oriental Pearl Tower, Shanghai setinggi 460 meter, KL Tower di Malaysia dan Kanada 533 meter. Akan dijadikan sebagai pusat jaringan telekomunikasi dan multi media dengan data center dan disaster recovery center. Yang unik adalah dibangunnya restoran berputar yang memiliki bentuk tiga kaki yang menopang hingga keatas.

Sumber, Batam Pos

0 komentar:

Posting Komentar