Selasa, 02 Maret 2010

Mengapa Rokok tidak baik bagi kesehatan.

Sering sekali kita mendengar bahwa merokok itu tidak baik dan merusak kesehatan bahkan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit termasuk kanker. Kanker yang merusak kesehatan juga kanker ekonomi alias kantong kering. Tapi, meskipun sudah banyak iklan dalam bentuk larangan seakan tidak mempen bagi pengguna atau perokok.
Dinegara tetangga kita Singapore, larangan merokok sudah sangat jelas dan tegas bahwa siapa yang merokok di sembarang tempat atau publik area yang dilarang untuk merokok akan dikenakan denda S$..1000 (seribu Singapore dollar) atau seminggu kerja bakti (menyapu dan membersihkan tempat sampah)di tempat umum, hal itu berlaku bila denda tidak dapat dibayarkan. Demikian hebatnya peringatan keras dengan tujuan menjaga dan memelihara kesehatan

Pernahkah kita tau atau mengerti bahwa dalam rokok itu mengandung 200 zat beracun yang dihisap oleh manusia perokok dan tanpa sadar akan mencelakakan dirinya sendiri ?

1. Batterey
2. Bahan bakar
3. Lilin
4. Bahan batu-bata
5. Pembersih industri
6. Insestisida
7. Pembersih Tiolet
itu hanya sebagian kecil yang tertulis diatas dan sungguh banyak hal yang lain yang mencapai 200 zat beracun  dan apabila zat radikal itu bebas dalam tubuh kita maka pada mulanya kerjanya adalah merusak sel.

Ada banyak pertanyaan, tapi saya sudah sekian tahun merokok tapi tidak ada tanda-tanda atau sesuatu yang sudah merusak kesehatan saya ?
Sepertinya bahwa ungkapan itu hampir di miliki oleh para perokok berat yang mungkin masih belum merasakan akibatnya. Tapi sekedar inoformasi bahwa begitu kokohnya dan hebatnya tubuh ini sehingga segala penyakit yang ditimbulkan oleh berbagai zat yang masuk kedalam tubuh tidak  menimbulkan reaksi yang signifikan dalam hidup kita secara instant. Perhatikan lah dengan baik bahwa segala zat yang sudah masuk dan merusak sel-sel dalam tubuh kita baru akan di beri sinyal oleh tubuh pada kerusakan tingkat hampir parah yaitu kondisi penyakit 85%. Artinya sudah demikian parah penyakit dalam tubuh kita dan baru kita menyadari dan segera kita menyadari baru mulai untuk berhenti merokok. Hal itu sudah kurang efektif lagi dan pengaruhnya sangat sedikit untuk memperbaiki atau bahkan mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah.

So.....sebaiknya mencegah adalah hal yang lebih baik dari pada mengobati.. Pikirkanlah itu dengan baik dan bila dianggap berguna dan bermanfaat sharelah kepada rekan-rekan yang lain bahwa merokok itu sangat tidak baik bagi kesehatan.

0 komentar:

Posting Komentar